Minggu, 07 Februari 2010

Motor Seken Banyak dilirik...


Motor Seken Lebih Dilirik


MASYARAKAT kini lebih melirik motor seken atau bekas dibandingkan motor baru. Pasalnya banyak motor bekas yang kondisinya tidak kalah dengan yang baru. Apalagi motor seken yang sudah direkondisi, dan dijual dalam pelelangan. Dari segi harga, pun jauh lebih murah.

“Perlahan tapi pasti, harga motor baru terus merangkak naik. Kenaikan itu, akan semakin bertambah bila pemerintah benar-benar menaikan pajak terhadap kendaraan bermotor, apakah itu PPNBM maupun BBN,” ujar Mulyadi, satu pedagang motor seken, mengenai perdagangan motor seken diawal tahun 2010 ini.

Ia mengungkapkan, kondisi ekonomi saat ini dimana mencari uang masih terasa sulit membuat orang lebih berusaha mengirit pengeluarannya. Salah satunya dengan menghemat biaya transportasi.

“Seorang pekerja, biasanya mengeluarkan ongkos sehari minimal antara Rp20 ribu hingga Rp30 ribu. Tapi, dengan menggunakan sepeda motor, pengeluarkan ongkos mereka dapat jauh lebih irit. Ini menyebabkan para pekerja tersebut ingin punya motor. Dengan motor mereka juga terbebas dari kemacetan,” katanya.

SANGAT JATUH
Di sisi lain, masyarakat juga menilai harga motor baru akan sangat jatuh bila setelah dipakai dijual kembali. “Seperti saat ini beli motor baru. Dua bulan kemudian motor yang dibeli dalam kondisi baru dijual lagi, tentunya harganya turun drastis walau kondisinya masih baik,” sambung Mulyadi.

Berbeda dengan motor seken bila sekarang membeli dan dua bulan setelah dipakai dijual kembali, harganya tidak turun banyak. “Hal itulah kenapa orang lebih memilih membeli motor seken, karena bila dijual kembali harganya tidak terlalu jatuh,” ucapnya.

Ia pun optimis, penjualan motor seken akan semakin meningkat pada tahun 2010 ini.

Sementara itu, memasuki minggu kedua Januari 2010, PT Alto Lelang kembali menggelar pelelangan 250 motor seken. Pelelangan tersebut diadakan di Pamulang Square Jl. Raya Siliwangi, Pamulang, Tangerang Selatan pada Sabtu (16/1) mendatang.

Menurut Manajer Promosi PT Alto Lelang Frans, motor seken tersebut dilelang dengan limit harga mulai Rp3 jutaan. Cek fisik kendaraan diadakan mulai Sabtu (9/1) hingga Jumat (15/1). Selain itu juga dibuka gerai motor seken yang dapat dibeli dengan tunai maupun kredit.

0 komentar:

Posting Komentar